Semarak Anak Fakfak Berkarya KomposTIFA 2017

Hari Anak Nasional 2017 dilaksanakan dengan meriah di seluruh bagian di Indonesia. Hari yang jatuh di tanggal 23 Juli ini disambut positif oleh berbagai pihak, tidak hanya anak-anak yang menjadi objek juga seluruh lapisan masyarakat. KomposTIFA sebagai salah satu komunitas yang juga tidak lepas dari aktifitas yang dilakukan oleh anak-anak ikut serta memeriahkan hari Anak Nasional yang pada tahun 2017 jatuh di hari minggu, 23 Juli 2017. Dalam sejarahnya Hari Anak adalah event yang diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai tempat di seluruh dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni, dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain, dan perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia. Di Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984

Semarak Anak Fakfak Berkarya KomposTIFA 2017 akhirnya terpilih menjadi tajuk kegiatan yang dilaksanakan kali ini, lagi-lagi seperti kebiasaan KomposTIFA judul ini tentu saja masuk di diskusi seru ketika pertemuan. Tidak hanya nama kegiatan, jargon kegiatan ini pun kami diskusikan bersama. Bukan propos namanya jika kesepakatan tidak didiskusikan. Maka keluarlah jargon Propos Event kali ini yaitu “Anak Hebat yang Membaca, Anak Hebat yang Berkarya. Itu Baru koo..”. Ya, tidak hanya sekedar melaksanakan sebuah kegiatan. Kami mempunyai harapan-harapan untuk anak-anak Fakfak pada khususnya di setiap kegiatan kami. Membaca, menjadi kata kunci utama yang kami sepakati harus mampu menjadi hal penting yang dilakukan oleh anak Indonesia. Mereka yang membaca akan hebat, mereka yang membaca akan mampu untuk berkarya. Anak hebat yang membaca dan berkarya, itu baru ko.

SAFB KomposTIFA 2017 kami rancang dengan berbagai keseruan di dalamnya, beberapa ide perlombaan yang ditujukan untuk anak-anak bermunculan diantara kami. Ide-ide tersebut akhirnya mengerucut pada empat macam lomba, yaitu:

  1. Lomba Membaca:

Merupakan perlombaan membaca beberapa paragraf bacaan yang diikuti oleh anak usia 9 sampai dengan 12 Tahun.

  1. Lomba Mewarnai:

Merupakan perlombaan yang diikuti oleh anak usia 6-8 tahun dimana mereka diberikan selembar kertas gambar yang kami isi dengan beberapa gambar kearifan lokal yang kemudian mereka warnai.

  1. Lomba Bercerita:

Merupakan perlombaan bercerita dimana anak-anak akan diminta menceritakan kembali cerita yang disiapkan sendiri ataupun disiapkan oleh panitia. Cerita mencakup cerita rakyat ataupun dongeng nasional. Anak usia 9-12 Tahun diminta untuk bercerita dengan gaya dan kreatifitasnya sendiri. Menuntut keberanian, kreatifitas dan keterampilan untuk mampu bercerita dengan menarik.

  1. Kopiko (Kotak Pintar KomposTIFA):

Bukan KomposTIFA namanya kalau tidak menciptakan hal-hal menarik. Bersumber dari permainan ular tangga yang sering dimainkan oleh banyak orang, KomposTIFA kemudian mengemas kegiatan ini menjadi permainan tiga dimensi dengan anak-anak yang menjadi pionnya. Tidak hanya itu, tantangan dan hiburan dalam permainan ini bukan hanya dari ular dan tangga yang membuat anak-anak akan naik dan turun dari kotak tetapi adanya tiga zona menarik yang diciptakan. Pertama adalah Zona Pangaruh yang berisi bacaan singkat berisi informasi yang mengharuskan anak yang berada di dalam kotak tersebut membacanya, jika benar tentu saja ada bonus yang diberikan. Zona kedua adalah zona cerdas, seperti namanya zona ini berisi pertanyaan-pertanyaan umum yang harus dijawab; Benar dan salahnya mempunyai bonus dan sanksinya. Zona terakhir merupakan zona Ceria, berbeda dengan dua zona sebelumnya di zona ini hanya berisi bonus dan juga perintah-perintah yang menuntut keberanian dan kreatifitas seorang anak. Ketiga zona ini menjadi tantangan tersendiri dalam memainkan permainan yang diberi nama Kotak Pintar KomposTIFA atau disingkat Kopiko. Perlombaan ini diikuti oleh anak usia 9 sampai dengan 12 Tahun hingga mendapatkan satu pemenang. Oiya, tidak lupa terdapat dadu raksasa yang dibuat oleh KomposTIFA.

Perlombaan-perlombaan ini diikuti lebih dari 13 tim sekolah ataupun diluar sekolah baik dari pondok baca, perkantoran ataupun perumahan. Selain itu jumlah peserta yang kurang lebih mencapai 100 orang di 4 mata lomba membuat perayaan hari Anak Nasional ini berlangsung dengan sangat meriah disamping adanya tamu undangan dan orang tua, wali dan guru yang ikut serta menemani anak didiknya.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Kantor Arsip dan perpustakaan Kabupaten Fakfak ini berlangsung cukup panjang dimulai dari registrasi ulang sekitar jam 11 siang dan selesai di sekitar pukul setengah 5 siang. Rangkaian kegiatan sangat beragam, diawali dengan sambutan seluruh rangkaian acara berlangsung dengan sangat ramah pada anak-anak. Selain perlombaan ada juga menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama tidak lupa ice breaking, hiburan-hiburan menarik dari bakat-bakat anak Fakfak, satu hal yang menarik anak-anak untuk menikmati dengan kegembiraan dalam acara ini adalah dinyanyikan bersama-sama mars hari Anak Nasional dengan gerakan yang menarik. Menyanyi, melompat dan bergerak dengan berani dan penuh semangat itulah yang tergambar dengan jelas di sepanjang kegiatan SAFB KomposTIFA 2017. Selain dapat menikmati perlombaan yang sedang berlangsung, SAFB juga menyediakan “Pojok Buku” yang berisi gelaran berbagai macam buku anak yang sangat menarik dan menjadi magnet bagi anak-anak untuk mendekati di sela segala hiburan yang disediakan di sepanjang acara. Pojok buku mendapat tanggapan sangat positif dilihat dari anak-anak yang begitu antusias membaca berbagai jenis buku menarik.

Akhirnya kegiatan yang menghasilkan 3 juara pada masing-masing mata lomba Mewarnai, Membaca dan Bercerita dan satu juara untuk Kopiko berakhir dengan tertib dan meninggalkan keceriaan. KomposTIFA tidak akan berhasil melaksanakan ini semua tanpa adanya dukungan positif dari berbagai pihak, karenanya Terimakasih tak pernah bisa kami lupakan untuk segala bentuk dukungan. Harapan besar semua kekurangan yang dilakukan tanpa sengaja sepanjang kegiatan bisa dimaafkan karena KomposTIFA akan terus berusaha menggelar kegiatan positif lainnya semakin baik dan baik.

SEMARAK ANAK FAKFAK BERKARYA KOMPOSTIFA 2017!

SELAMAT HARI ANAK NASIONAL!

23 JULI 2017

Salam Hangat.

KomposTIFA

Redaksi: div. Publikasi KomposTIFA 2017

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s