Parade Budaya dan Inovasi KomposTIFA yang ke 2 Tahun 2017

pbi 2.jpg

Logo PBI 2 KomposTIFA

Tepat dihari Sabtu, 11 November 2017 bertempat di kabupaten Fakfak tercinta KomposTIFA dengan sangat bangga berhasil melaksanakan kegiatan bertajuk “Parade Budaya dan Inovasi KomposTIFA yang ke-2’. Kegiatan PBI yang telah di agendakan menjadi program tahunan KomposTIFA dan telah dilaksanakan untuk pertama kalinya pada tahun 2016 yang lalu ini mendapatkan tanggapan cukup meriah dari Masyarakat yang ada di Kabupaten Fakfak.

Ada yang sedikit berbeda dalam semangat melaksanakan PBI ke dua ini, kalau pada PBI pertama semangat yang diusung adalah Semangat Sumpah Pemuda dalam rangka hari Sumpah Pemuda; Pada PBI 2 kali ini tiga momentum menjadi sumber semangat KomposTIFA yaitu:

  1. Sumpah Pemuda
  2. Hari Pahlawan
  3. HUT Kota Fakfak yang ke-117

Dengan mengangkat tema “JAGA TONG PU BUDAYA, TUMBUHKAN KREATIFITAS, MARI WUJUDKAN JIWA KEPAHLAWANAN UNTUK NEGERI TERCINTA” dan semangat tiga momentum membuat KomposTIFA berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan kegiatan ini berlangsung dengan menyenangkan dan bermanfaat untuk lebih banyak orang. Jenis kegiatan yang dilaksanakan adalah KARNAVAL BUDAYA, PARADE DAUR ULANG (Busana dan Non Busana) serta KOPIKO (Kotak Pintar KomposTIFA). Kalau di PBI 1 ada Beta Pangaruh, untuk PBI 2 dilaksanakan KOPIKO sebuah ide kreatif dari KomposTIFA yang telah terlebih dahulu di mainkan pada Semarak Anak Fakfak Berkarya 2017. Kopiko mengambil ide besar dari permainan ular tangga yang kemudian dibuat dalam bentuk manusia sebagai poinnya dan dadu serta papan raksasa, tidak hanya sekedar ular tangga permainan ini di gabungkan dengan Tiga Zona yang berisi informasi, pertanyaan pengetahuan umum serta zona hiburan.

pbi 2

Parade Budaya dan Inovasi KomposTIFA yang ke 2 diikuti oleh 19 Kelompok peserta dari Paud, Sekolah, Perguruan Tinggi, Komunitas, Instansi, Rumah Baca dan Kelompok Masyarakat se Kabupaten Fakfak. Rute yang ditempuh oleh Karnaval Budaya dan Parade Daur Ulang adalah dari Lapangan Pemda Fakfak dan berakhir di Lapangan Reklamasi Jalan Baru Fakfak, khusus untuk Paud mulai dari Pasar Ikan Fakfak. Peserta telah berkumpul sejak jam 12.00 WIT setelah melakukan pendaftaran ulang serta di berikan nomor dada dan diatur barisan di sekitar jam 13.00 WIT peserta mulai karnaval PBI yang ke 2. Jalanan Fakfak mulai dipenuhi dengan berbagai macam kostum adat dan Budaya serta kreatifitas membuat barang atau busana daur ulang, sepanjang perjalanan peserta pun aktif melakukan berbagai kreasi budaya. Peserta mulai satu persatu tiba di tempat finish sekitar pukul 14.00 WIT dengan diperkenalkan satu persatu oleh pembawa acara beberapa peserta mulai menampilkan kreatifitas dan berbagai penampilan seni budaya. Aktifitas ini menyedot cukup banyak perhatian masyarakat di sekitar areal finish.

Tidak kalah menarik dari Parade dan Karnaval Budaya, permainan KOPIKO juga mempunyai daya tarik sendiri di areal permainan yang disediakan. Baik penonton dan peserta begitu antusias menikmati dan mengikuti permainan tersebut sampai akhirnya satu pemenang berhasil mencapai titik kotak 49 dari seluruh kotak yang berisi 7 kali 7 ini. Selama rangkaian acara di akhir perjalanan PBI 2 juga di warnai dengan undian Doorprize berhadiah yang tidak kalah menghebohkan, diselingi oleh pengisi acara yang kali ini berasal dari The Kampunk dengan membawakan lagu reggae untuk menghibur seluruh penonton ditambah lagi penampilan Tobelo dari ibu-ibu Bhayangkari Polres Fakfak yang menggoyang lapangan jalan baru.

KomposTIFA berusaha bertanggungjawab untuk setiap hal dalam rangkaian kegiatan termasuk salah satunya adalah masalah Sampah. Seluruh peserta sudah diingatkan terlebih dahulu untuk menjaga kebersihan, termasuk dengan diberikannya plastik tempat sampah untuk setiap kelompok. KomposTIFA juga melakukan pembersihan semaksimal yang kami bisa di Lapangan Pemda juga di lapangan jalan baru.

IMG-20171112-WA0060

Begitu banyak hal yang terjadi selama mempersiapkan kegiatan ini namun tidak cukup mematahkan semangat Propos KomposTIFA untuk memberikan yang terbaik dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya KomposTIFA ucapkan untuk semua pihak yang turut serta mendukung niat baik kami. Kegiatan ini tidak lepas dari dukungan LPP RRI Fakfak, IJS, M150, Ichi Ocha, Mitra Computer, Inovasi Konsulindo, kawan-kawan Konongger, para donatur yang enggan disebutkan namanya, para juri yang ikut mendukung penuh kegiatan ini, pihak-pihak yang mengizinkan penggunaan lapangan pemda dan lapangan jalan baru, pihak kepolisian Fakfak dan adik-adik PKS atas bantuannya dalam mengawal jalannya kegiatan, serta semua tangan-tangan baik yang datang tanpa bisa kami sebutkan satu persatu.

Terimakasih yang sebesar-besarnya juga kami ucapkan untuk seluruh peserta yang ikut berpartisipasi, memeriahkan, mempersiapkan hal terbaik dengan segala kreatifitas dan seluruh tenaganya. Dari segala lapisan usia, dari anak-anak hingga usia dewasa. Sekolah, paud, kampus, kelompok masyarakat, paguyuban, instansi, komunitas ataupun perorangan yang ikut serta dalam PBI ke 2. Baik di Karnaval Budaya, Parade Daur Ulang maupun Kopiko (Kotak pintar KomposTIFA). Kegiatan ini tidak bisa terlaksana dengan meriah tanpa seluruh peserta yang begitu maksimal mempersiapkan segala hal.

Tidak lupa untuk seluruh Masyarakat Fakfak yang dengan begitu antusiasnya memberikan semangat kepada peserta, meramaikan jalan-jalan, memberikan banyak energi positif.

IMG-20171115-WA0033

Akhir kata, KomposTIFA selaku penanggungjawab kegiatan paham benar bahwa di dalam seluruh rangkaian persiapan sampai dengan pelaksanaan kegiatan memiliki banyak kekurangan. Baik secara kelompok maupun personal. Untuk itu dengan segala kerendahan hati kami mohon maaf dan memohon dukungan dan sarannya untuk bisa melaksanakan yang jauh lebih baik di kegiatan selanjutnya.

Salam Konspirasi Positif.

Salam hangat.

@KomposTIFA

#KomposTIFA #ParadeBudayadanInovasiKomposTIFA#ParadeBudayadanInovasi #KarnavalBudaya #ParadeDaurUlang#KotakpintarKompostifa #Fakfak #PapuaBarat #Sumpahpemuda#Haripahlawan #HUTFakfak

Redaksi: Divisi Publikasi dan Media KomposTIFA

Foto:

  • Dokumentasi KomposTIFA
  • Muhammad Hattab
  • Dokumentasi Pribadi Propos KomposTIFA

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s